14 Umpan Mancing Ikan Wader Sungai Terbukti Sangat Ampuh

umpan mancing ikan wader

Ikan Wader adalah salah satu jenis ikan mungil yang tergolong dalam famili Cyprinidae. Ikan wader bisa di temukan di perairan Kalimantan, Sumatra, Jawa, Lombok dan Bali. Ikan ini juga dapat  kita temukan di perairan Filipina dan Indocina. Di Indonesia, ikan wader memiliki banyak sebutan diantaranya beunteur (Sunda), lunjar pari (Jawa), wader cakul (Jawa), sepadak (Bengkulu), lunjar andong, wader pari, bada (Badar), ikan cere, pantau (Sumatera), cecereh (Betawi), dan seluang.
ikan wader

Ikan ini sering ditemukan di sungai kecil di pegunungan, parit parit dangkal yang jernih, sungai berukuran kecil sampai sungai besar. Sering juga ditemukan di aliran sungai yang beraliran lambat dan danau.


Baca juga: Racikan Umpan Ikan Mas Jitu dan Super Ampuh Yang Mudah Dibuat


Ikan wader lazimnya berwarna abu-abu kehijauan, keperakan dengan warna lebih gelap di unsur punggungnya lantas lama kelamaan memucat. Bagian dada dan perut ikan wader berwarna putih. Saat masih kecil, ikan ini memiliki dua bintik kasar yang terletak di pangkal sirip dorsal dan di tengah batang ekor. Di samping itu, terdapat pula yang memiliki 1-3 bintik. Dan bintik itu akan memudar dan menghilang seiring dengan berjalannya waktu.
ikan wader

Berikut adalah umpan mancing ikan wader sungai yang terbukti ampuh oleh para pemancing

1. Ulat Belimbing


ulat belimbing umpan ikan wader
riyansblog.blogspot.co.id
Ulat belimbing sering di gunakan sebagai umpan untuk mancing ikan wader, selain mudah di dapat ulat belimbing memiliki bau yang khas dan ukuran yang pas di mulut ikan wader sehingga ikan wader sangat menyukainya. Cara memakainya dikaitkan pada ulat mulai dari kepalanyanya hingga ekornya.

2. Lumut Sawah


lumut sawah umpan ikan wader
Lumut sawah sangat disukai oleh ikan wader, pakailah lumut yang halus dengan warna hijau, jangan lupa tambahkan vanili atau garam agar aromanya lebih keluar dan teksturnya menjadi lebih lembut

3. Pelet Ikan


pelet ikan umpan ikan wader
Umpan pelet lebih sesuai di pakai di perairan yang tenang seperti telaga dan waduk , teknik menggunakannya pelet di hancurkan lantas tambahkan air sampai menjadi adonan yang kenyal supaya tidak gampang hancur di dalam air. Adonan tadi di bentuk kecil-kecil di sesuaikan dengan kail.

4. Cacing

cacing umpan ikan wader
Cacing sangat ampuh untuk mancing ikan wader baik di sungai, danau maupun di kolam, ikan wader sangat menyukai cacing, pilihlah cacing yang berukuran kecil agar mudah ditelan oleh ikan wader, cacing sawah lebih ampuh.

5. Laron


laron umpan ikan wader
Laron sering di gunakan untuk mancing ikan, khususnya untuk mancing ikan wader, cara menggunakannya sangat mudah, cukup mengaitkannya dari kepala hingga ekor jangan lupa untuk menghilangkan sayapnya terlebih dahulu agar mudah dimakan oleh ikan.

6. Mie Instan


mie instan umpan ikan wader
Mungkin kalian tidak menyangka mie instan bisa digunakan untuk memancing, tapi ini sudah terbukti ampuh  untuk memancing ikan wader, cara membuatnya cukup mudah, mie instan ditumbuk sampai halus ditambah satu siung bawang putih yang sudah dihaluskan  lalu di diaduk sampai kenyal.

7. Roti Tawar
roti umpan ikan wader
Selain mie instan, roti tawar pun ampuh untuk mancing ikan wader, cara pembuatannya sama seperti cara pembuatan umpan mie instan.

8. Biskuit Klik Crackers


biskuit umpan ikan wader
Info ini saya dapatkan dari teman teman sang suka mancing ikan wader, menurut mereka ini wajib dicoba untuk mancing ikan wader, cara penggunaannya sama seperti roti tawar, bisa juga dicampur bahan lain seperti essen atau terasi udang agar aromanya lebih menggoda ikan

9. Kroto


kroto umpan ikan wader
Di alam bebas ikan wader sering memakan serangga yang hanyut di sungai, salah satunya telur semut atau kroto, untuk memancing ikan wader, pilihlah telur kroto yang masih utuh dan segar agar cepat dimakan oleh ikan.

10. Tahu


tahu umpan ikan wader
Tahu selain enak dimakan bisa juga dipakai untuk mancing ikan wader, ikan wader sangat suka memakan tahu karena teksturnya yang lembut dan bau kedelai yang santat disukai ikan, cara menggunakannya sangat mudah, cukup ambil secuil tahu lalu kaitkan ke kail, agar lebih awet tahu bisa dijemur terlebih dahulu.

11. Umpan Racikan


umpan ikan wader
umpanmancing.net
Tepung roti halus + gula merah + telur kuning + vanili + pelet kinoy , teknik membuatnya seduh vanili dan gula merah hingga hancur , tambahkan tepung roti , telur dan air hangat , aduk terus sampai menjadi adonan , tambahkan pelet kinoy sampai adonan menjadi kenyal dan kalis

12. Tempe


tempe umpan ikan wader
Sama seperti tahu, ikan wader sangat menyukai tempe karena bau dari kedelai tersebut, tempe sama ampuhnya seperti tahu, bahkan kadang kadang sering dapet ikan sungai lain seperti ikan nilem atau tawes jika menggunakan umpan tempe, gunakan tempe yang telah beberapa hari agar lebih ampuh.

13. Jangkrik


jangkrik umpan ikan wader
Jangkrik ampuh untuk mancing ikan sungai salah satunya ikan wader, karena di habitatnya ikan wader sering memakan serangga yang jatuh ke air, pilihlah jangkrik yang berukuran kecil agar pas di mulut ikan.

14. Belatung


belatung umpan ikan wader
Bagi sebagian orang mungkin menjijikan, tapi jujur ini ampuh banget untuk mancing ikan wader, yang sering mancing ikan wader pasti tau ampuhnya umpan ini.


Itulah sebagian umpan mancing ikan wader yang jitu yang telah teruji oleh penulis sendiri...
bagi yang punya umpan jitu lainnya, bisa di tulis di kolom komentar agar orang lain bisa mencobanya hehehe....
Semoga Bermanfaat..

5 Responses to "14 Umpan Mancing Ikan Wader Sungai Terbukti Sangat Ampuh"

  1. Umpan paling ampuh lagi nih tempe busuk bawang putih sepi/ jengkol sedikit kuning telur ayam kampung cacing di ulek menyjadi satu buah sawit sedikit engang atau anak tawon di satu kan.

    ReplyDelete
  2. Pake klik + gajih kambing.
    +tempe.

    ReplyDelete
  3. https://youtu.be/5AsBaU6B0Mw

    Mantap bro sudah saya coba tes lihat hasilnya

    ReplyDelete
  4. mantap jiwa bro lihat juga : https://www.youtube.com/watch?v=zXesJhLqWCw

    ReplyDelete
  5. Boleh dicoba nih, mantap kak, sangat bermanfaat..
    inporra

    ReplyDelete

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *