18 Umpan Ikan Wader Terbukti Ampuh Galak Banget

mancing ikan wader besar

Memancing merupakan salah satu hobi yang bisa kita laksanakan buat mengisi masa luang serta liburan. Bagi penggemarnya memancing bisa menghilangkan stres serta jenuh dampak lelah bekerja. Memancing juga menjadi salah satu sarana rekreasi keluarga saat ini sudah banyak tempat pemancingan yang di desain indah dan nyaman. 

Memancing di alam liar merupakan salah satu rekomenasi dari sekian banyak orang, biaya yang murah juga dapat menemukan beragam keuntungan lain layaknya udara yang masih segar, pemandangan yang masih asri serta beragam keuntungan lain. Nah di beragam darah salah satu ikan liar yang paling menjadi target pemancing ialah ikan wader. 

Ikan wader mempunyai ukuran cukup kecil di bandingkan jenis ikan air tawar lain namun ikan ini lebih rakus serta lebih memilih hidup bergerombol jadi lebih gampang di pancing, rasa ikan wader jika di masak juga amat enak serta gurih dan bergizi tinggi.

Umpan Mancing Ikan Wader

Ikan wader kerap di temui di sungai-sungai yang tak dalam atau di pinggiran rawa serta danau yang jernih. lazimnya ukuran ikan wader berkisar antara sebesar ibu jari hingga 4 jari. Ikan wader di rawa serta danau kebiasaannya mempunyai ukuran yang lebih besar dari ikan wader di sungai. 

Ikan wader masuk dalam keluarga ikan Cyprinidae, kabarnya di semua dunia ada ratusan jenis ikan wader, dengan julukannya sendiri-sendiri, di indonesia sendiri ikan wader mempunyai beragam julukan layaknya ikan cere ( betawi ), Beunteur ( Sunda ), Pantao serta seluang ( sumatera ), wader ijo ( jawa ), Kepek serta masih banyak lagi julukan buat ikan kecil ini. 

Ikan wader biasa hidup di alam liar namun belakangan ini sudah sebagian orang yang berhasil membudidayakan ikan wader ini, di alam liar sendiri ikan wader laju dalam berkembang biak sehingga tersedia melimpah bagi para pemancing.

Baca juga: 10 Umpan Ikan Lele Terbaik

Ikan wader mempunyai daya adaptasi yang tinggi serta dapat menyesuaikan dengan beragam jenis lingkungan, tidak terkejut bila ikan wader bisa diciptakan di beragam tempat layaknya sungai, danau, rawa serta parit. 

Di alam liar ikan wader bersifat omnivora atau pemakan segala yang dia temukan, tidak terkejut bila kamu bisa memancing ikan wader memakaikan umpan racikan atau umpan natural yang bisa kita temukan di sekitar tempat tinggal kita. 

Berikut ini merupakan umpan ikan wader diantaranya

Umpan Mancing Wader

1. Jenis Ulat seperti ulat belimbing
Cari sebagian buah belimbing yang sudah busuk, kupaslah kulitnya serta cari ulat-ulat di dalamnya.

2. Tahu


tahu umpan ikan wader besar

Memakai umpan tahu metodenya terbilang amat simpel, potong tahu kecil-kecil setelah itu kaitkan terhadap kail. alangkah bagus tahu di jemur terlebih dahulu sebelum di potong supaya tak gampang hancur saat masuk ke dalam air. sebagusnya gunakan tahu yang masih baru terlebih lagi tahu yang baru keluar dari rumah keluaran aroma kedelainya masih kuat.

3. Lumut Basah
Gunakanlah lumut dengan jenis yang halus dengan warna hijau gelap, dapat juga di tambahkan dengan vanili atau garam supaya aromanya lebih keluar serta teksturnya lebih lembut.


tahu sawah umpan ikan wader besar

4.Umpan Pelet
Umpan pelet lebih cocok di gunakan di perairan yang tenang layaknya danau serta waduk, metode menggunakannya pelet di hancurkan setelah itu tambahkan air hangat hingga menjadi adonan yang kenyal supaya tak gampang hancur di dalam air. Adonan tadi di bentuk kecil-kecil di sesuaikan dengan kail dan ukuran ikan di tempat tersebut.

5. Umpan Kroto
Kroto juga dapat di gunakan sebagai umpan ikan wader yang ampuh kroto mempunyai aroma khas yang bisa menarik pandangan ikan wader.

Tips Mancing Ikan Wader

Metode memancing ikan wader sesungguhnya amat gampang, pertama kita sesegera mungkin menarik pandangan sekelompok ikan wader supaya mendekat, metodenya ialah dengan Ngeboom tempat tersebut memakaikan daun ketela yang di ikat serta di beri pemberat supaya bisa tenggelam ke dalam air, dapat juga memakaikan pelet atau roti yang di kasih sedikit air. 

Kail gunakanlah ukuran yang paling kecil mengingat ikan wader mempunyai mulut yang amat kecil, kurang lebihnya para pemancing memakaikan ukuran 03. atau yang lebih kecil lagi. di tiap area mempunyai umpan mancing ikan wader yg ampuh dengan racikannya sendiri-sendiri. 

berikut ini merupakan beragam umpan racikan ikan wader paling ampuh dari pembelajaran para pemancing mania

Racikan Umpan Mancing Ikan Wader

6. Umpan ikan wader
Bahan :
  • 6 Sendok Pelet
  • Kecap ikan
  • Terasi bubuk
  • 6 Sendok  Pelet Bom biasanya merk samurai atau stella product
Cara membuat :
Campurkan 6 sendok pelet serta 6 sendok pelet bom, tambahkan 1 sendok makan kecap ikan supaya aroma makin menggoda, masukan ke dalam wadah serta beri air, tutup rapat serta biarkan kurang lebih 30 menit supaya matang, apabila sehabis matang adonan terlampau lembek dapat tambahkan pelet bom supaya kenyal, terakhir tambahkan terasi udangnya . Umpan siap di gunakan

7. Kinoy di campur dengan bawang putih

8. Pake roti Klik Crackers ( biskuit keju harga 500 an di warung )


bikuit klik umpan ikan wader paling ampuh

Roti di beri air atau telur serta di remas-remas hingga terbentuk adonan yang kenyal. Kalau aku seringnya pakai ini, lebih simpel serta murah, dapat juga di tambahkan bahan lain supaya aromanya makin kuat, contoh bawang putih, daun ketela, garam, masako, terasi udang, esen serta beragam bahan lain. dapat juga pakai biskuit lain layaknya Malkist serta sebagainya. Akan lebih baik jika adonan umpan yang telah jadi didiamkan minimal 3 hari hingga menghasilkan aroma harum layaknya tape. Dijamin topcer buat memancing wader serta uceng

9. Tempe (busuk lebih ampuh) + roti +bawang putih (setengah siung) + terasi udang = aduk ampe pulen (siap tempur)

10. Mie instan (seduh jangan sampai lembek/jadiin tepung sekalian lebih baik) + tempe busuk + bawang putih (separo siung aje) + ikan tuna = aduk ampe kalis

11. Roti  +  ikan tuna  +  cacing kering  +  bawang putih (separo siung ) = aduk ampe kalis

12. Laron


pua laron umpan ikan wader jitu

13. Tempe + mie instan (dihaluskan) + bawang putih + kunyit, tambahkan air secukupnya hingga di peroleh adonan yang kenyal , umpan siap di gunakan

14. Tempe di penyet hingga kenyal + biskuit Regal + Kunyit, seluruh bahan di campur setelah itu di tambahkan sedikit air hingga menjadi adonan yang kenyal 

15. Buah Kelapa sawit dan tepung kanci

16. Tepung roti halus + gula merah + telur kuning + vanili + Kinoy , cara membuatnya seduh vanili dan gula merah sampai hancur , tambahkan tepung roti , telur dan air hangat , aduk terus hingga menjadi adonan , tambahkan kinoy hingga adonan menjadi kenyal dan kalis

17. Cacing


cacing umpan ikan wader jitu

18 . Belatung ( biasanya belatung dari kandang ayam petelur ) menjijikkan tapi ampuh banget


Itulah beragam jenis umpan mancing ikan wader yang kami dapatkan dari para pemancing mania, bisa jadi kamu mempunyai racikan umpan ikan wader lain dapat juga tips serta trick metode memancing wader silahkan tuliskan di komentar, kami akan mencantumkan nya di tulisan ini supaya kita bisa saling berbagi terhadap pemancing lainnya.  

2 Responses to "18 Umpan Ikan Wader Terbukti Ampuh Galak Banget"

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *