Jenis Jenis Umpan Mancing Ikan Imitasi atau Buatan

gambar umpan buatan


Saat ini kamu mungkin telah mengenal tidak sedikit jenis umpan yang seringkali digunakan guna memancing, baik umpan berupa hewan-hewan kecil yang hidup didekat habitat ikan maupun umpan yang kamu racik sendiri menurut resep.


Di samping dari kedua jenis umpan tadi, terdapat jenis umpan lainnya yang kini pun sudah paling umum dipakai yakni umpan imitasi alias umpan palsu. Dari segi keefektifan, pasti saja umpan jenis ini bakal memberikan kamu kemudahan sebab tinggal memasangnya saja.

Lalu, sebetulnya ada berapa jenis umpan yang ada? Berikut sejumlah diantaranya yang mesti kamu ketahui mengenai umpan mancing ikan imitasi:

1. Sinking Plug

gambar lure sinking plug

Umpan imitasi kesatu ini diciptakan dengan memakai material yang berat, karenanya umpan ini paling cocok kamu gunakan saat akan mempraktekkan kiat memancing casting dan jigging. Meskipun memakai material berat, tetapi umpan ini masih dapat melayang sampai tenggelam diair.

2. Floating Plug

gambar lure floating plug

Floating plug dapat dikatakan sebagai di antara jenis umpan imitasi yang sangat ringan, sebab berasal dari material plastik. Nama lain dari umpan ini adalah minnow. Karena ringan, maka umpan ini sesuai digunakan guna memancing didasar air.

3. Popper Lure

gambar popper lure

Popper adalah jenis umpan palsu yang mengapung dipermukaan air. Oleh karenanya, kiat memancing yang paling sesuai dipadukan dengan umpan ini merupakan teknik popping. Yang menjadikan umpan ini unik merupakan mulutnya yang tersingkap lebar sehingga saat ditarik, akan timbul percikan-percikan air yang berbunyi dan mengganggu habitat ikan target.

4. Rapping Plug

gambar rapping plug lure

Jika hendak mencari umpan melayang didalam air yang jitu, maka pilihlah umpan rapping plug. Tidak itu saja, umpan rapping plug ini juga dapat menampilkan gerakan zig-zag, sampai-sampai benar-benar terlihat seperti ikan asli.

5. Squid

gambar squid lure

Sedangkan umpan imitasi kelima ini memiliki bentuk seperti udang. Bahan atau material yang dipilih guna membuatnya berupa plastik atau pun kayu ringan. Umpan ini sangat sering dipakai untuk memancing cumi-cumi.

6. Konahead

gambar konahead lure

Konahead adalah salah satu umpan imitasi yang lumayan unik sebab memiliki bentuk serupa dengan cumi-cumi. Hal ini sebab ada rumbai-rumbai dibagian bawah umpan. Teknik memancing yang paling sesuai digunakan bareng dengan umpan ini merupakan teknik trolling.


Demikian info kami mengenai macam umpan memancing ikan imitasi semoga bermanfaat untuk sahabat angler mania sekalian, hingga jumpa di artikel berikutnya, salam joran melengkung dan tidak boleh lupa bagikan artikel ini pada rekan pemancing lainnya.

0 Response to "Jenis Jenis Umpan Mancing Ikan Imitasi atau Buatan"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *